Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Mengapa Gas Elpiji di Dapur Sering Sekali Cepat Habis, Boros!


5 Alasan Mengapa Gas Elpiji di Dapur Sering Sekali Cepat Habis, Boros!


Gas elpiji merupakan jenis gas yang rata-rata digunakan oleh banyak orang di Indonesia. Fungsi gas tentu saja untuk membantu agar kompor gas dapat bekerja dengan baik. Namun, seringkali banyak hal yang membuat gas elpiji justru mudah boros. Oleh sebab itu, kamu harus tahu sebab-sebabnya.

Untuk kamu yang penasaran apa saja penyebab gas sering cepat habis, berikut lima daftarnya.

1. Tak menutup panci

Jika kamu akan merebus bahan makanan dalam kurun waktu tertentu, maka biasakanlah untuk menutup pancinya.

Tidak menutup panci akan membuat panasnya tak merata sehingga membuat kompor gas harus bekerja ekstra keras untuk membuatnya tetap panas secara stabil. Oleh sebab itu, gunakan tutup panci agar panasnya seimbang dan juga matang dengan cepat.

2. Sering mematikan dan menghidupkan gas

Kamu tentu pernah mendengar larangan untuk tidak membuat pintu kulkas agar listriknya tak tersedot banyak, bukan?

Cara tersebut dinilai senada dengan kompor dan tabung gas. Bila kamu terlalu sering mematikan dan menghidupkan kompor berkali-kali, maka ini akan membuat gas cepat habis.

3. Alat masak dan porsi makanan

Biasakan untuk menggunakan alat masak sesuai dengan porsi makanan. Apabila kamu justru menggunakan panci besar untuk hanya memasak makanan berporsi kecil, maka itu sudah merupakan hal yang akan membuat boros.

Gunakanlah panci yang sesuai dengan ukuran porsinya.


4. Memasak bahan makanan yang butuh waktu lama untuk diolah

Kamu mungkin perlu memerhatikan beberapa hal seputar mengolah bahan makanan, salah satunya mengenai tips mengolah daging. Alasannya adalah agar kamu dapat mengetahui durasi pengolahannya.

Bila kamu ingin memasak ayam atau daging, namun kamu tidak mengungkepnya terlebih dahulu, maka itu akan membuat proses memasak menjadi lama. Alhasil, gas pun jadi mudah cepat habis.

5. Jarang membersihkan kompor

Kebersihan kompor juga merupakan hal terpenting yang harus kamu perhatikan. Pada umumnya, kompor akan mengeluarkan api berwarna biru dengan panas yang lebih dari pada api berwarna merah.

Namun, jika kamu jarang membersihkan kompor hinggs kotorannya banyak menyumbat di saluran api, maka api berwarna birunya tak akan keluar.

Hal ini juga akan membuat proses pematangan olahanmu menjadi lebih lama dan memakan banyak gas.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa gas cepat sekali habis. Harus hemat, ya!