Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jika Dilakukan Istri, 5 Amalan Ini Bisa Mengundang Rezeki untuk Suami

Jika Dilakukan Istri, 5 Amalan Ini Bisa Mengundang Rezeki untuk Suami


Istri berperan penting di balik kesuksesan suami. Istri yang baik akan selalu mendoakan suami sebagai tulang punggung sekaligus kepala keluarga. Di balik kesuksesan suami tentu ada peran dan doa istri di belakangnya.

Seorang istri menjadi kekuatan penting dalam kehidupan suami. Tak sekadar sebagai pelengkap, namun istri juga penentu utama dan memiliki peran besar bagi kesuksesan suami dan tentunya sang buah hati.

Islam mengajarkan bahwa seorang istri harus hadir menjadi penyejuk, penyedap, pesona dan pemberi semangat hidup suami, karena dia adalah wakil suami dalam keluarga. Tak hanya itu, para istri wajib menghormati kepemimpinan suaminya baik di rumah maupun di luar rumah.

Mereka harus pandai menempatkan diri sebagai wakil suami selaku pemimpin rumah tangga dan tidak dibenarkan melampaui batas dalam bertindak karena harus meminta persetujuan suami terlebih dahulu saat mengambil keputusan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu-anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sekiranya aku boleh menyuruh seseorang sujud kepada orang lain, tentu aku akan menyuruh seorang istri sujud kepada suaminya," (HR. Tirmidzi).

Adapun jika suami kurang pengetahuan Islamnya, sedang istri lebih banyak mengetahui, maka ia wajib mengajari dan membimbing suaminya. Melansir dari laman Sindonews, dari Abdullah bin Salam radhiyallahu-anhu, Rasulullah berujar: “Sebaik-baik istri yaitu yang menyenangkanmu ketika kamu lihat, taat kepadamu ketika kamu suruh, menjaga dirinya dan hartamu ketika kamu pergi." (HR. Thabrani).

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah An-Nisa ayat 34:

اَلرِّجَا لُ قَوَّا مُوْنَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّبِمَاۤ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَا لِهِمْ ۗ فَا لصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ ۗ وَا لّٰتِيْ تَخَا فُوْنَ نُشُوْزَهُنَّ فَعِظُوْهُنَّ وَاهْجُرُوْهُنَّ فِى الْمَضَا جِعِ وَا ضْرِبُوْهُنَّ ۚ فَاِ نْ اَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوْا عَلَيْهِنَّ سَبِيْلًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَا نَ عَلِيًّا كَبِيْرًا

Artinya: "Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Maha Tinggi, Maha Besar." (QS. An-Nisa : Ayat 34)

Rezeki setiap orang memang sudah dijamin oleh Allah. Akan tetapi, seorang istri merupakan "jembatan emas" bagi suami untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat termasuk dalam hal rezeki. Doa seorang istri untuk suaminya sangat mustajab. Terdaapat beberapa sifat istri yang bisa membuat rezeki suami mengalir deras. Berikut ini ulasannya:

1. Tawakkal


Sifat tawakkal atau berserah diri kepada-Nya akan mengundang rezeki. Allah Ta'ala berfirman dalam Surah Ath-Thalaq ayat 3:

Artinya: “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaq: 3)

2. Sedekah


Seorang istri yang suka bersedekah pada hakikatnya sedang melipatgandakan rezeki suaminya. Sebab salah satu keutamaan sedekah sebagaimana disebutkan dalam surat Al Baqarah, akan dilipatgandakan Allah hingga 700 kali lipat. Bahkan hingga kelipatan lain sesuai kehendak Allah.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ  ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)


3. Taat pada suami


Kewajiban istri kepada suami adalah menaatinya. Sepanjang perintah suami tidak dalam rangka mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, istri wajib menaatinya.

Lantas, apa hubungannya dengan rezeki? Manakala seorang istri taat kepada suaminya, maka hati suami pun tenang dan damai. Ketika hatinya damai, ia bisa berpikir lebih jernih dan kreatifitasnya muncul. Semangat kerjanya pun menggebu. Ibadah pun jadi lebih tenang hingga rezeki mengalir lancar.

4. Rajin mendoakan suami


Istri yang selalu mendoakan suaminya jelas menjadi penopang kelancaran rezeki. Sejatinya, seorang istri setiap hari berdoa agar Allah memberi limpahan rezeki yang halal dan berkah. Berdoa dengan hati yang yakin bahwa Allah akan mengabulkannya. Sebagaimana firman Allah:

“Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku niscaya Aku kabulkan,” (QS. Al-Mu'min: 60)

5. Pandai bersyukur


Rezeki suami bisa datang dari arah tak terduga bilamana istri pandai bersyukur atas pemberian Allah. Istri yang senantiasa bersyukur atas karunia Allah pada hakikatnya dia sedang mengundang tambahan nikmat bagi suaminya. Sebagaimana Allah berfirman dalam Surah Ibrahim ayat 7:

وَاِ ذْ تَاَ ذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَاَ زِيْدَنَّـكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَا بِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: "Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan: jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya azabku sangat pedih,” (QS. Ibrahim: 7)