Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lihat Prestasi Agus Yudhoyono, Pantaskah Jadi Calon Gubernur DKI?

Jumat (23/9) dini hari tadi, poros Cikeas yang terdiri dari partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN resmi mengusung Agus Yudhoyono sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta. Munculnya nama Agus ini jelas membuat masyarakat kaget sekaligus kepo. Sebagai politisi, putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih sangat hijau di dunia politik. Namun tidak dengan segudang prestasinya yang 'mengerikan'.

Lihat Prestasi Agus Yudhoyono, Pantaskah Jadi Calon Gubernur DKI?
Seorang prajurit karier, medali Agus melebihi pangkatnya saat ini © Instagram @agusyudhoyono

Genap berumur 38 tahun pada 10 Agustus lalu, Agus sudah menunjukkan bakat sebagai pria yang cerdas sejak belia. Kala berumur 22 tahun, Agus muda meraih Adhi Makayasa dari Akademi Militer (Akmil). Sekedar informasi saja, Adhi Makayasa adalah penghargaan yang hanya diberikan kepada satu orang lulusan terbaik TNI/Kepolisian. Bukan hanya di Akmil, sedikitnya suami dari Annisa Pohan ini mengantongi empat status sebagai lulusan terbaik di Kursus Dasar Petugas Infanteri (2001), Kursus Intelejen Tempur (2001), Kursus Petugas Operasi Batalyon (2004) dan Kursus Manuver Karir Kapten, Fort Benning (2011).

Jika ditarik mundur lagi, pemimpin Yonif Mekanis 203/Arya Kemuning, Kodam Jaya ini adalah lulusan SMP Negeri 5 Bandung yang begitu bergengsi dan pernah jadi ketua OSIS serta lulusan terbaik di SMA Taruna Nusantara. Itu untuk kariernya sebagai prajurit, apakah Agus punya prestasi dalam dunia akademik? Ada. Siapkan dirimu.

Pada 2006, Agus menyelesaikan gelar Master di bidang Pendidikan Strategis dari Institut Pertahanan dan Pendidikan Strategis, Universitas Teknologi Nanyang (NTU) Singapura. Lulus dar NTU, Agus berangkat sebagai Kontingen Garuda XXIII-A ke Lebanon. Aktif dalam menjaga perdamaian dunia, Agus juga membantu pembentukan Universitas Pertahanan yang membuatnya terpilih dalam program Master di Universitas Harvard pada tahun 2009.

Lihat Prestasi Agus Yudhoyono, Pantaskah Jadi Calon Gubernur DKI?
Karena prestasinya, Agus sering jadi pembicara bidang militer di luar negeri © Instagram @agusyudhoyono


Setahun sekolah di Harvard, ayah dari Aira Yudhoyono ini berhasil menyandang gelar Master Administrasi Publik. Jika kamu tak tahu, Agus adalah salah satu mahasiswa program platinum Kennedy School yaitu Edward S Mason Fellowship. Di mana ini hanya dikhususkan untuk mahasiswa internasional dari negara berkembang. Mereka yang ikut program ini harus punya pengalaman profesional minimal delapan tahun dan Agus adalah satu-satunya perwira militer yang ikut program ini.

Seakan belum berakhir, pada Juni 2014, Mayor Agus menempuh tugas pendidikan militer setingkat Seskoad di Command and General Staff College (CGSG) di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat. Setahun sekolah, Agus lulus dengan hasil sempurna yakni IPK 4,0. Di saat bersamaan pula, Agus rupanya meraih gelar Master of Arts (MA) dalam Kepemimpinan dan Manajemen dari Universitas Webster dengan IPK 4,0 juga. Jadi gimana, sudah jatuh hati dengan mas Agus?