Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Idap Penyakit Kanker, Tatjana Saphira Botak Kepala

Tatjana Saphira terlihat sangat lesu. Wajahnya pucat, sesekali ia mengepalkan tangannya untuk menahan batuk. Tanpa senyuman, ia terbaring lemah di rumah sakit. Dokter memvonisnya terkena kanker paru-paru!

"Aku selalu yakin aku bisa, dan aku nggak pernah berhenti berharap. Karena hidup itu harapan," ujar Tatjana lirih.

Harapan hidupnya sudah tak seindah dulu. Ketika ia harus menjalani kemoterapi dan membuat kepalanya botak plontos. Padahal ia harus menjalani pertunjukkan teater impiannya.



Cerita ironi itu tersaji dalam film terbaru Tatjana Saphira, I Am Hope. Film besutan Adilla Dimitri ini bercerita tentang seorang penderita kanker bernama Mia (diperankan Tatjana Saphira) yang berjuang hidup melawan kanker. Sakit itu datang di saat Mia tengah meniti impian di panggung teater.

Diakui Tatjana, dirinya sempat ragu bisa memerankan peran Mia yang dianggapnya sangat menantang. "Karena kesiapan yang cukup minim, aku dipanggil casting dadakan sekitar dua atau tiga minggu sebelum syuting. Aku melihat itu sebagai tantangan, aku coba yang terbaik, dengan dukungan director, aku pun melakukannya," kata Tatjana Saphira usai press screening film I Am Hope di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/2/2016).

Selain itu, peran tokoh Mia dianggap dara 18 tahun ini memiliki tantangan yang besar. Pasalnya, Tatjana harus mengeksplore emosinya sedalam mungkin.

"Karena film sebelummya ceritanya ringan. Tokoh-tokoh yang diperankan sebelumnya enggak ada yang bikin aku se-emosional begini. Ini sesuatu yang berbeda," tutur bintang film Negeri Van Oranje ini.

Mengenai adegan botaki rambut, Tatjana sedih karena tak bisa melakukan totalitasnya sebagai artis. Kekasih Herjunot Ali ini tak bisa memplontosi rambut karena terikat beberapa kontrak kerja.

"Pengin banget sebenarnya (botak). Tapi ada beberapa hal yang buat aku tidak dibotaki beneran, karena ada kontrak. Akhirnya pakai make up yang rapi banget, dibuatnya tiga sampai empat jam," ucap Tatjana Saphira.

Film I Am Hope akan diputar serentak di seluruh bioskop pada 16 Februari 2016. Selain Tatjana, film rumah produksi Alkimia Production ini juga dibintangi Alessandra Usman, Tio Pakusadewo, Fachry Albar, Feby Febiola, Fauzi Baadilah, Ario Wahab, Ray Sahetapy dan Ine Febriyanti.

Yang menarik, sebagian dari keuntungan film yang diproduseri Wulan Guritno, Amanda Soekasah dan Janna Soekasah-Joesoef itu akan disumbangkan kepada penderita kanker.