Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IBU IBU Wajib Tau! Jangan Panaskan 6 Makanan Ini, BERBAHAYA!

Bagi ibu ibu rumah tangga, menghangatkan kembali makanan sisa atau makanan yang tidak sempat dimakan mungkin sudah menjadi kegiatan rutin tiap hari. Hal tersebut dianggap lumrah demi penghematan, namun tanpa disadari ternyata mengkonsumsi makanan yang sudah lama disimpan dan menghangatkannya kembali sangat tidak dianjurkan!

IBU IBU Wajib Tau! Jangan Panaskan 6 Makanan Ini, BERBAHAYA!
Ilustari: Ummi Pipik Memasak


Kenapa? Karena dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan dan ahli gizi di harvard university beberapa bulan lalu mengambil kesimpulan bahwa beberapa makanan dibawah ini bisa berubah komposisinya sesudah dipanaskan ulang sehingga kandungan gizi yang ada dalam makanan tersebut tentu akan hilang, dan parahnya makanan tersebut malah bisa menjadi racun. Berikut adalah 6 makanan yang tidak dianjurkan untuk dipanaskan kembali setelah dimasak:

Jamur

Masakan Jamur semestinya dimakan dengan segera ketika sudah matang, dan jika dibiarkan lama lebih baik menyantapnya ketika dalam kondisi dingin, jangan sekali kali mencoba memanaskan ulang makanan dari bahan jamur. karena jika dipanaskan ulang, akan ada perubahan yang signifikan dalam komposisi proteinnya, dan dalam kasus jamur tertentu, mungkin akan ada perubahan rasa. Akibatnya hal ini akan menyebabkan berbagai masalah dalam usus, bahkan manfaat gizi yang terkandung pada jamur pun akan hilang.

Ayam

Sama seperti jamur, jika daging ayam dipanaskan ulang maka komposisi proteinnya akan berubah, bahkan hilang sama sekali. Oleh sebab itu, bila anda ingin memakannya kembali tidak dianjurkan untuk memanaskan ulang makanan dari bahan ayam dengan suhu yang tinggi, cukup dengan api kecil dengan waktu sebentar sehingga masakan cukup hangat untuk disantap.

Kentang

Kentang adalah makanan yang mengandung banyak protein dan gizi, Kentang tidak dianjurkan untuk dipanaskan ulang karena kandungan gizinya bisa hilang, dan bahkan jika dipanaskan berulang-ulang bisa menjadi beracun bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu, Segera makan kentang setelah selesai dimasak atau makan dalam kondisi dingin apa adanya tanpa perlu memanaskannya kembali.

Bayam

Tumbuhan ini banyak mengandung nitrat, Jika dipanaskan berulang ulang akan mengubah kandungan nitrat menjadi nitrit. Parahnya, Nitrit bisa berpotensi menjadi karsinogenik (zat pemicu kanker) bagi tubuh kita, Jadi sangat dianjurkan untuk memakan masakan bayam dalam kondisi segar, makanlah segera setelah matang. Hindari makan masakan bayam yang sudah disimpan dalam tempo lama, dan jangan sekali kali menghangatkannya untuk dimakan ulang.

Seledri

Seledri acapkali digunakan ibu ibu untuk memasak sup, Seperti halnya bayam, seledri juga mengandung nitrat yang akan bisa berubah menjadi nitrit jika dipanaskan ulang. Jika anda ingin memanaskan ulang sup anda sebaiknya buang terlebih dahulu potongan-potongan seledri lama dan ganti dengan seledri yang baru.

Telur

Telur adalah makanan beresiko paling rentan jika dipanaskan ulang. Telur akan menjadi racun jika terkena paparan suhu tinggi secara berulang kali. Terutama telur yang dimasak dengan cara direbus atau digoreng dalam kondisi bulat dengan bagian kuningya tetap di dalam.

Demikian beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dipanaskan ulang. Sayangi keluarga dan orang-orang terdekat anda. Silakan share ke facebook agar terbaca oleh ibu-ibu yang lain.