Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Perlu Diketahui Di Tahun Monyet

Tahun Baru China baru saja lewat satu hari. Malam pergantian tahun ditentukan melalui kalender suryacandra.

Pada 2016, Imlek akan jatuh pada Senin 8 Februari.

Kalender suryacandra menggunakan fase bulan sebagai acuan utama, namun menambahkan pergantian musim di dalam perhitungan setiap tahunnya.

Jadi hal ini akan membuat tanggal tahun baru China berubah dari tahun ke tahun.

Kemeriahan tahun baru China umumnya diawali sebelum perayaan yang akan berlanjut hingga Festival Lentera pada hari ke-15 setelah tahun baru atau yang lebih dikenal sebagai Cap Go Meh.

Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti 'malam pergantian tahun'.

Dikutip, Telegraph, Minggu (7/1/2016), setiap tahun baru dicirikan oleh satu dari 12 hewan yang ada pada zodiak China. Zodiak tersebut dibagi ke 12 blok serupa dengan yang dilakukan di negara-begara Barat.

Namun ada satu perbedaan besar, setiap blok memiliki jangka waktu satu tahun, sedangkan di negara Barat berjangka satu bulan.

Tahun 2016 ini adalah tahun Monyet, hewan ke sembilan dalam siklus tersebut. Tahun baru monyet selanjutnya akan terjadi pada tahun 2028 mendatang.

Orang-orang yang lahir di tahun Monyet dicirikan sebagai pribadi cerdas, ingin tahu, inovatif dan ceroboh. Namun menurut mitos tahun Monyet telah dianggap sebagai tahun yang paling tidak mengungtungkan dalam kalender China.

Gambaran utama bagi mereka yang lahir di tahun monyet adalah sosok yang pintar, kreatif, dan cerdas, terutama dalam karir dan kesejahteraan mereka.

Mereka semangat, fleksibel, cerdas dan serba bisa. Dengan tambahan, kelembutan dan kejujuran mereka mampu membawakan kehidupan cinta yang abadi.

Meski terlahir dengan keterampilan-keterampilan yang patut ditiru, mereka juga memiliki sejumlah kelemahan, seperti mudah marah dan cenderung memandang kecil orang lain.

Kekuatan: Ramah,inovatif, antusias dan percaya diri.

Kelemahan: Mencurigakan, licik, egois, cemburuan dan arogan

Tanda Keberuntungan dan Kesialan

Nomor dan warna sangat penting dalam budaya China. Mereka diduga memiliki makna penting yang digunakan dalam keseharian, dari pemilihan tanggal acara penting hingga warna yang digunakan untuk melapisi bangunan.

Berikut penjelasannya:

Nomor keberuntungan: 1, 7, 8.

Warna keberuntungan: Putih, emas, biru.

Bunga keberuntungan: Krisan dan allium.

Arah keberuntungan: Utara, barat laut, barat.



Selain keberuntungan, adapun warna, nomor, arah dan bulan sial bagi mereka yang lahir pada tahun Monyet.

Warna sial: Merah, pink.

Nomor sial: 2, 5, 9.

Arah sial: Selatan, tenggara.

Bulan sial: bulan ke-7 dan 11 pada kalender China.