Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Festival Lempar Ikan Tuna Di Australia Yang Populer

Buat Anda yang menyukai hidangan makanan laut, tentu pernah merasakan bagaimana lezatnya daging ikan tuna. Namun apakah Anda pernah merasakan sensasi melempar ikan tuna? Bila belum sebaiknya luangkan waktu untuk mengikuti festival Tunarama di kota Port Lincoln’s - Australia. Festival tahunan yang digelar setiap tahun di bulan Januari ini mempunyai kegiatan rutin melempar tuna beku. Tak tanggung-tanggung seekor tuna seberat sepuluh kilogram dilempar bergantian hingga hancur.

Kegiatan lempar-melempar ikan ini telah mempunyai sejarah panjang. Dilansir dari situs resmi Tunarama Festival, kegiatan yang melibatkan ikan tuna ini dimulai dari tahun 1979. Adalah John Penny dan istrinya yang berkeinginan agar kota Port Lincoln’s memiliki kegiatan wisata yang mendukung industi pengolahan ikan tuna. Kota Port Lincoln’s sendiri merupakan sentra industri pengolahan ikan tuna, mulai dari penangkapan hingga pengalengan.

Tak hanya laki-laki, wanita pun turut dalam kegiatan lempar ikan ini. Wuss, seekor ikan pun sukses terbang dilempar. Bagaimana keseruan festival ini? Simak selanjutnya di artikel berikut ini.

Dari catatan, rekor lempar ikan tuna ini mencapai 37.23m dengan berat ikan tuna mencapai 10 kilogram dipegang oleh Sean Carlin. Sementara untuk pelempar wanita, Brooke Krueger sukses melempar sang ikan bersirip ini terbang sejauh 21.25m.