Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku LKS SD Buat Heboh Karena Ajarkan Ibu Boleh Jadi Pelacur

Belum lama ini, salah satu Sekolah Dasar (SD) yang ada di malang menjadi buah bibir masyarakat karena buku LKS (lembar kerja siswa) secara jelas dan gamblang mengajarkan kepada muridnya dengan tulisan yang tak pantas. Pasalnya, di dalam Buku LKS tersebut ditulis apabila pekerjaan sebagai seorang pelacur, bisa menjadi contoh dari sikap dan tanggung jawab kepada keluarga.

Kontan saja, Buku LKS SD Ibu Boleh Jadi Pelacur menjadi kontroversi dan perbincangan hangat Netizen di Facebook sampai saat ini. Padahal, jika dilihat, materi yang tengah dibahas pada buku LKS untuk kelas 5 SD tersebut sedang membahas terkait apa saja tanggung jawab kedua orang tua pada anaknya. pada lembaran tersebut, sedikitnya ada 3 bentuk tanggung jawab diantaranya pada diri sendiri, tanggung jawab pada keluarga, masyarakat juga kepada bangsa negara. Namun, pada LKS tersebut yang diambil contoh adalah pekerjaan yang dilarang oleh agama dan negara.

Seperti tertera pada gambar, terdapat di point ke 2 bagaimana disebutkan contoh tanggung jawab pada keluarga. Bunyinya kurang lebih seperti ini : “Contoh : Untuk seorang ibu yang hidup bersama 3 anak, karena suaminya telah meninggal, maka dia harus bekerja untuk memenuhi semua kebutuhan hidup anak-anaknya, walaupun dia harus menjadi seorang pelacur sekali pun, karena itu demi memberikan kehidupan juga tanggung jawab pada ketiga anaknya,”

Diketahui, apabila buku LSK ini, dibuat oleh pihak Dinas Pendidikan Kota Malang yang bersampul dengan judul “Insan Bermartabat”. Sungguh ironi, tatkala untuk masalah alokasi dana pada buku tersebut yang sudah disusun dengan menggunakan pembiayaan dari dana bos lalu dibuat sebagai salah satu buku kerja untuk jadi pendamping siswa, namun malah seperti mengajarkan hal yang tidak baik.

Kabar beredar, apabila buku LKS kontroversi tersebut, datang di sekolah pada 2 minggu kemarin, hampir semua telah dibagikan kepada para siswa tetapi ada sebagian lagi belum dibagikan. Sampai saat ini, pihak dari Dinas Pendidikan setempat, belum lakukan konfirmasi terkait Buku LKS SD Ibu Boleh Jadi Pelacur yang sudah beredar luas di dunia maya.