Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Heboh Indonesia, Stiker LGBT Line Ditarik

Stiker Line yang memperlihatkan dua orang cowok yang sarat makna dengan LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) dicemooh oleh pengguna media sosial di Indonesia.

Hal ini langsung mengundang perhatian bagi Line Indonesia. Melalui keterangan resminya, Rabu (10/2/2016), Head of Public Relation Line Indonesia, Teddy Arifianto, mengatakan menarik stiker tersebut dari pasar Indonesia.

"Sekarang sedang dalam proses ditarik dari pasar. Per hari ini (Rabu, 10 Februari 2016), tetapi kan butuh waktu dan proses," kata Teddy.

Teddy membantah Line tidak melakukan filter atau penyaringan terhadap konten-konten yang beredar.

Menurutnya, sebagai perusahaan yang berskala global, Line yang berpegang pada acuan global untuk melakukan filter terhadap konten yang sensitif dari perspektif lokal seperti stiker Love is Love tersebut.

Line sendiri menyesalkan atas kemunculan stiker yang dianggap sensitif oleh banyak orang ini sehingga menimbulkan rasa kurang nyaman dari pengguna dan pemerhati.

"Kami meminta pengertiannya karena saat ini kami sedang bekerja menyelesaikan permasalahan ini terutama dalam menghapus stiker-stiker tersebut," ucapnya.

Teddy juga menyebutkan, Line menghargai seluruh masukan dari para pengguna dan pihak-pihak lain terkait produk dan fitur di Line.

"Kami akan berupaya keras agar hal seperti ini tidak terulang kembali," tuturnya.

Sebelumnya, pada Januari 2015, stiker-stiker Line yang mengandung konten dewasa telah mendapatkan petisi pada laman Change.org. Penggagas petisi, Gioveny Astaning Permana kala itu menuliskan: