Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata 36% Karyawan Tak Puas Dengan Gajinya

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh situs Karir.com kepada 6.530 responden tahun 2015, 36% responden menyatakan tidak puas dengan gajinya. Bagaimana proporsinya berdasarkan usia dan level pekerjaan?

Sejak menjadi bagian dari EMTEK Group Desember 2014 silam, Karir.com aktif melakukan survei. Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun dengan materi-materi yang akan terus dilengkapi.

“Untuk pilot year 2015, kami mengadakan survei tingkat kepuasan gaji profesional Indonesia yang diikuti oleh 6.530 responden secara online. Kami percaya bahwa SDM adalah aset paling berharga sebuah perusahaan, yang akan menentukan performa dan nasib perusahaan. Tidak heran jika banyak perusahaan yang menyebut divisi SDM-nya sebagai human capital, menumbuhkan komitmen kepada para profesional yang berkarir di perusahaannya,” seperti dituturkan Dino Martin, CEO Karir.com.

Dino menambahkan, “Hasil survei kami menunjukkan bahwa hanya 28% dari 6.530 responden menyatakan puas dengan gajinya saat ini. Hal ini bukan rahasia lagi tentunya, meski sesungguhnya angka kepuasan ini tergolong cukup tinggi.”

“36% responden menyatakan tidak puas, dan 36% sisanya menyatakan biasa saja,” tambahnya.

Nah, termasuk di golongan yang manakah Anda? Puas? Tidak puas? Atau biasa saja?

Jika Anda merasa tidak puas atau biasa saja, mungkin sudah waktunya Anda mencari tahu berapa seharusnya gaji ideal Anda. Karir.com bekerja sama dengan Kelly Services dan Fokus Finansial merilis fitur Salary Benchmark untuk membantu Anda mengetahui gaji ideal Anda sesuai standar gaji yang berlaku di pasar kerja Indonesia.

Sejak online Oktober 2015 hingga hari ini, Salary Benchmark telah digunakan oleh lebih dari 20.000 pengguna profesional Indonesia.

Dengan fitur ini, Anda akan menerima Salary Meter sebagai indikator posisi gaji Anda di pasaran; apakah di luar zona bawah, di zona bawah, masuk kategori rata-rata, di zona atas, atau melebihi zona atas.

Fitur ini pun akan memberi Anda panduan karir dalam Career Tips dan panduan cara mengelola keuangan dalam Financial Tips yang sesuai dengan besarnya gaji Anda.

Dengan mengetahui berapa seharusnya gaji yang Anda terima, tentunya Anda dapat menyusun strategi dan langkah berkarir ke depannya, juga dimudahkan dalam mengatur keuangan pribadi Anda.

Keuntungan lainnya, dengan membagikan fitur ini kepada lima rekan, Anda berkesempatan memenangkan satu unit Vespa S keluaran terbaru.

Career Tips dan Financial Tips dalam Salary Benchmark merupakan hasil kerja sama Karir.com dengan Kelly Services dan Fokus Finansial.

Kelly Services adalah perusahaan headhunter dan rekrutmen asal Amerika yang sudah berkarya lebih dari 26 tahun di Indonesia, berperan dalam membuka peluang kerja bagi lebih dari satu juta profesional di seluruh dunia dengan menempatkan lebih dari 550.000 karyawan setiap tahunnya di setiap negara.

Fokus Finansial adalah konsultan perencanaan keuangan independen yang terpercaya di Indonesia yang bergerak dalam bidang jasa konsultasi manajemen seperti investment planning, perencanaan keuangan, serta pendidikan dan pelatihan keuangan yang membantu masyarakat dalam mewujudkan target-target keuangan pribadi maupun keluarga.

“Berbagai inovasi fitur yang kami hadirkan menjadi bukti nyata komitmen Karir.com dalam mendampingi para tenaga kerja Indonesia di sepanjang perjalanan karirnya,” ungkap Dino.

Bernadette Themas, Managing Director Kelly Services Indonesia mengungkapkan, “Informasi panduan gaji ini diharapkan dapat membantu memberikan gambaran akan nilai profesi yang ada di pasaran, sehingga tenaga kerja Indonesia bisa memiliki perencanaan keuangan dan penyusunan strategi pengembangan karir yang terus meningkat.”