Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajibkan Mengucapkan Salam,Saat Akan Masuk Rumah Kosong

misteri-rumah-kosong-tetanggaku

Sudah menjadi kebiasaan saat akan masuk ke dalam rumah kita mengucapkan salam. Selain mengabarkan kedatangan kita, salam menjadi ucapan agar Allah memberkahi setiap penghuni rumah, serta menjadi benteng bagi rumah dari setan yang terkutuk. Nah, kalau di dalam rumah sedang tidak ada orang alias tidak berpenghuni alias kosong, apakah kita tetap harus mengucapkan salam?

Hukum mengucapkan salam ketika akan masuk ke dalam rumah kosong tidaklah wajib, tetapi sunah. Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Jika seseorang masuk rumah yang tidak didiami, maka ucapkanlah ‘Assalamu ‘alaina wa ‘alaa ‘ibadillahish shalihin’ (salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh).”(Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod 806/ 1055. Sanad hadits ini hasan sebagaimana dikatakan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar dalam Al Fath, 11: 17).

Imam Nawawi rahimahullah dalam kitab Al Adzkar berkata, “Disunahkan bila seseorang memasuki rumah sendiri untuk mengucapkan salam meskipun tidak ada penghuninya, yaitu ucapkanlah ‘Assalamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibadillahish shalihiin’. Begitu pula ketika memasuki masjid, rumah orang lain yang kosong, disunahkan pula mengucapkan salam ‘Assalamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibadillahish shalihiin. Assalamu ‘alaikum ahlal bait wa rahmatullah wa barakatuh’.” (Al Adzkar, hal. 468-469).

`Assalamu ‘alainaa` menunjukkan doa dimulai untuk diri sendiri terlebih dahulu baru mendoakan orang lain. Kalimat `wa ‘alaa ibadillahish shalihiin` adalah salam pada hamba yang sholeh (orang yang menjalankan kewajiban, hak Allah, dan hak hamba). (Syarh Shahih Al Adabil Mufrod, 3:186).

Semoga Allah ta’ala memudahkan kita dalam melakukan amalan ini dan senantiasa memberikan keberkahan di dalam rumah kita.

Allahu a’lam.