Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyuapi Anak Dengan Makanan Batin

images

“Anak-anak kita nggak cuma butuh makanan fisik saja. Ia butuh doa kita semua”. Begitulah kutipan kalimat dari buku religi “Undang Saja Allah” yang ditulis Ustadz Yusuf Mansur. Hal ini menunjukkan betapa orang tua di antaranya hanya mementingkan asupan gizi dan vitamin yang baik terangkum dalam makanan yang dikenal dengan empat sehat lima sempurna.

Sering kali orang tua meyakini bahwa tumbuh kembang anak yang baik dilihat dari kesempurnaan perkembangan fisiknya. Badan kuat, rambut lebat, kulit halus, aktif bergerak semua itu mengindikasikan bahwa mereka telah tumbuh secara optimal.

Ada sisi lain di mana orang tua lupa, ketika si anak sakit, demam misalnya, mereka akan berusaha cepat membawa ke dokter, memberikan obat terbaik. Memang hal itu merupakan tindakan realistis yang sepatutnya dilakukan. Tentunya juga termasuk salah satu bentuk ikhtiar dunia.

Namun, tidak banyak orang tua yang ingat dengan mengandalkan kekuatan hebat untuk menyembuhkan kala buah hati sakit. Makanan batin yang mustajab tiada tara dari ayah ibu untuk anak-anaknya yaitu sebuah doa.

Hanya beberapa saja orang tua yang saat anaknya sakit lalu sering mengusap kepala anak sambil membaca istighfar, berdzikir, bershalawat, serta membaca Al-Qur’an. Sering-Mendoakan hal-hal baik untuk anak sama halnya dengan rajin menyuapinya dengan makanan batin. Hal ini membentuk sisi spiritual dan emosi anak menjadi lebih baik seiring tumbuh kembang sang anak.

Melalui hal ini orang tua telah menanamkan pada diri anak bahwa ada kekuatan dalam bentuk yang “tak terlihat” tapi mewujud serta berpengaruh untuk fisik serta jiwanya. ada kekuatan hebat yang menyembuhkan yakni kekuatan dari Allah SWT.

Bentuk keseimbangan dari senjata hebat, yakni berikthiar dan berdoa. Jika keduanya diterapkan secara istiqomah insya Allah akan mengundang pertolongan Allah, misalnya saat anak sakit. Jadi, para ayah ibu tercinta, jangan hanya menyuapi dengan makanan fisik, imbangi juga dengan konsumsi makanan batin untuk buah hati ttercinta. Bismillah berkah.