Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Bekerja Dirumah

kerja dirumah

Sahabat muslimah, banyak sebenarnya yang bisa kita kerjakan dari rumah dan menghasilkan materi, bisa jualan online, bisa menjadi konsultan, atau apa saja yang menjadi minat kita. Intinya bekerja dari rumah adalah mengatur kegiatan bisnis dari rumah tanpa meninggalkan urusan rumah tangga. Karena bagaimanapun juga, seorang ibu itu sudah menjadi kodratnya untuk mengatur urusan rumah tangga.

Dan banyak alasan mengapa saat ini kebanyakan orang lebih memilih bekerja dari rumah. Apalagi saat ini kemajuan teknologi berkembang sangat pesat. Saat ini orang berkomunikasi  sudah tak harus lagi bertemu dan bertatap muka secara langsung. Banyak fasilitas teknologi canggih yang mendukung kita untuk berkomunikasi tanpa tatap muka secara langsung. Bisa melalui telepon, sms, email, dan lain-lain. Cukup dengan kita duduk manis di rumah, banyak hal yang bisa kita selesaikan hanya melalui bantuan teknologi komunikasi. Mudahkan, Sahabat muslimah?

Nah, hal yang demikian ini cukup menjadi alasan bahwa bekerja dari rumah adalah sesuatu yang tidak mustahil. Toh, terkadang pendapatan yang dihasilkan hampir sama dengan bekerja di luar rumah. Malah mungkin kalau kita bekerja di luar rumah, ada harga yang harus kita bayar, seperti dari sisi waktu yang kadang lebih banyak terbuang di jalan karena macet atau dari sisi biaya transportasi yang saat ini semakin mahal.

Dengan bekerja dari rumah banyak hal yang bisa kita hemat, keuangan, tenaga, waktu, dan lain-lain. Dengan bekerja dari rumah, kita lebih punya banyak waktu untuk berkumpul bersama anak-anak. Dengan bekerja dari rumah, kita bisa melihat tumbuh kembang anak-anak secara langsung. Dan dengan bekerja di rumah, seorang wanita akan lebih terjaga. Coba kita bayangkan ibu-ibu yang bekerja di luar rumah, yang setiap hari harus naik angkutan umum, commuter line misalnya, betapa berat perjuangan mereka setiap hari ketika berangkat dan pulang kerja.

Melihat tumbuh kembang anak-anak kita secara langsung merupakan momen-momen indah yang tak akan terulang lagi. Karena masa anak-anak berada di pelukan kita dan membutuhkan kita secara fisik sangatlah sebentar, kadang sekitar 12 tahunan. Karena setelah anak-anak tumbuh menjadi remaja, mereka sudah mempunyai dunia sendiri dan sudah tidak terlalu bergantung kepada kita.

Karena itulah mengapa saya memilih bekerja di rumah. Dengan bekerja dari rumah, saya bisa lebih dekat dengan anak-anak. Dengan bekerja dari rumah, saya bisa mengatur waktu dengan fleksibel, menyesuaikan dengan urusan rumah tangga. Menyenangkan, bukan?

Saya berjualan online dengan media facebook, bbm, wa, dan sms dengan dibantu seorang asisten toko untuk mengelolanya. Sebenarnya sih tanpa bantuan asisten toko bisa saja berjalan, tapi memang jadinya kurang maksimal. Karena jualan online itu hampir 24 jam kadang bbm, wa, sms bisa berbunyi terus. Dan demi untuk kenyamanan dan kepuasan konsumen, saya berusaha untuk cepat merespon. Karena menurut saya, kelanggengan sebuah usaha online terletak pada pelayanan kita kepada mereka, terutama dalam hal merespon.

Tantangan yang dihadapi ketika bekerja dari rumah adalah masalah kedisiplinan. Mengapa? Karena bekerja di rumah seolah-olah tidak ada yang mengawasi, dan kita merasa kita adalah bosnya, sehingga kalau kita tidak disiplin, akan banyak pekerjaan yang tidak bisa kita selesaikan sesuai target. Jadi masalah kedisiplinan ini adalah hal yang harus selalu kita pertahankan. Dalam hal ini adalah disiplin terhadap waktu dan disiplin dalam pengelolaan keuangan. Serta harus  fokus terhadap target yang ingin diraih. Ini adalah kunci kesuksesan bekerja dari rumah.

Semoga Bermanfaat