Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Cara Memuji Anak

hindari-pujian-yang-tidak-mendidik

Pujian menumbuhkan penghargaan anak terhadap diri sendiri, memotivasi anak untuk melihat dirinya dan dunia ini dengan lebih positif. Pujian yang tulus dan antusias akan membantu pertumbuhan emosi anak, sama seperti makanan menumbuhkan fisiknya. Namun, sebagian ahli juga berpendapat bahwa memberikan pujian dengan berlebihan dan dengan cara yang kurang tepat akan berefek sebaliknya.

Bagaimanakah menggunakan pujian dengan tepat? Menurut Burke R. dalam bukunya Common Sense Parenting, ‘focus on the positive’. Menurutnya lagi, jika kita secara konstant memperhatikan perilaku positif anak sambil memujinya maka kita akan mendapati anak-anak itu akan sering mengulang perilaku tersebut. Lewat pujian anak jadi tau perilaku apa yang pantas untuk mereka lakukan lagi dan lagi. Seiring dengan itu perilaku negatif akan ikut berkurang. Perhatian positif yang diikuti dengan pujian akan membuat si anak merasa diperhatikan dan dicintai.

Kapan menggunakan pujian? Pujian digunakan ketika si anak menunjukkan perilaku yang baik dan kita ingin mereka mengulangnya, atau ketika perilakunya bertambah baik dan sedang berupaya meningkatkan keterampilan.

Contoh cara memberikan pujian yang efektif:

1. Sampaikan pujian

“Mama, bangga sama kamu nak.”

2. Lanjutkan dengan penjelasan, perilaku apa yang membuat kita memujinya.

“Mama bangga, kamu tadi gak kesel meskipun kakak ngeledekin.”

3. Berikan alasan.

“Itu bagus. Itu artinya kamu bisa menahan diri meskipun dalam situasi yang menjengkelkan. Kalau kamu bisa seperti itu terus, kamu bisa jadi orang hebat.”

4. Tambahan, dengan memberikan penjelasan lebih jauh tentang konsekuensi positif dari perilaku anak yang membuat kita bangga tadi.

Ini pilihan aja, bisa ditambahkan bisa tidak.

“Seperti kata Nabi, orang yang kuat itu adalah orang yang bisa menahan diri.”

Demikian langkah-langkah praktis memberikan pujian ke anak. Perlu ditegaskan sekali lagi bahwa kita perlu fokus kepada perilaku positif si anak. Sekecil apapun itu jangan lupa untuk memujinya.

Semoga bermanfaat.