Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jauhi Sikap Takabur Yang Akan Merugikan Diri Sendiri

hqdefault

Takabbur ialah menghargai diri secara berlebihan serta merendahkan orang lain. Takabbur (sombong) termasuk sikap buruk yang amat tercela dan dikutuk Allah SWT, apalagi takabbur kepada Allah , maka siap-siaplah azab menanti.

Allah SWT berfirman yang artinya, “Maka masukilah pintu-pintu neraka Jahannam, kamu kekal di dalamnya. Maka amat buruklah tempat orang-orang yang menyombongkan diri,” (QS An-Nahl: 29)

Saudaraku,

Ayat di atas menjelaskan bahwa Allah SWT telah menyiapkan bagi orang-orang yang takabbur (sombong) pintu-pintu neraka Jahannam. Neraka merupan tempat seburu-buruknya kembali.

Saudaraku,

Dalam ayat lain Allah berfirman, “Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta kepada Allah, mukanya menjadi hitam. Bukankah dalam neraka jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri,” (QS Az-Zumar: 60).

Dan dalam sabda Rasululluh SAW dari ‘Abdulah bin Mas’ud RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Tidaklah masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat kesombongan (sekalipun hanya) seberat zarrah (amat kecil),” (HR Muslim).

Saudaraku,

Dari ayat dan hadis di atas tersebut, betapa ruginya orang-orang yang memiliki sikap sombong, meski sekecil biji zarrah. Ia tak akan masuk surga dan tempat kembalinya adalah neraka Jahannam.