Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Doa Saat Merasakan Ketakutan

la-ilaha-illallah-350x240

Menjadi hal yang wajar jika manusia mengalami rasa takut. Karena menurut ulama, salah satu rasa takut yang normal adalah takut terhadap bahaya yang mengancam nyawa kita. Merasa takut pada binatang buas atau terhadap api, itu rasa takut yang boleh. Tetapi, nggak usah lebay takutnya, Sob. Karena bahaya itu nggak akan sampai pada diri kita kalau Allah ta’ala tidak mengizinkan maupun menghendaki.

Saat merasa takut yang wajar seperti itu biasanya apa yang kamu lakukan, Sob? Pasrah pada Allah ta’ala atau malah udah nggak kepikiran apa-apa lagi saking takutnya?

Kalau sedang mengalami ketakutan yang sangat, ini yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dari Zainab bintu Jahsy radhiyallahu ‘anha, Suatu ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah masuk ke dalam rumahnya dalam kondisi sangat ketakutan, beliau mengucapkan,

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدِ اقْتَرَبَ فُتِحَ الْيَوْمَ مِنْ رَدْمِ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مِثْلُ هَذِهِ

Laa ilaaha illaallah, waspadalah orang Arab, akan datangnya bahaya yang dekat waktunya. Hari ini telah dibuka benteng Yakjuj dan Makjuj sebesar ini. Kemudian beliau membuat lingkaran antara jempol dengan telunjuk. Zainab bertanya, ‘Ya Rasulullah, apakah kita akan dibinasakan, sementara di tengah kita banyak orang shaleh?’ Jawab beliau, ‘Ya, jika maksiat merajalela.’ (HR. Bukhari 3346 & Muslim 2880).

So, Sob, bacaan atau doa saat kita ketakutan adalah لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ

Dr. Sa’d bin Wahf Al Qahthani dalam Hisnul Muslim (kumpulan doa dari al qur’an dan hadits shahih) memasukkan kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ sebagai doa ketika ketakutan.

Sobat Nida, yang perlu kita ingat baik-baik saat merasa sangat ketakutan adalah supaya kita bertawakal dan pasrah pada semua ketetapan Allah ta’ala akan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita. Karena dengan bertawakal dan berpasrah diri, kita akan lebih tenang dan pikiran kita nggak akan mikir yang aneh-aneh yang bisa jadi malah bikin kita makin parno. Allahu a’lam.